Jumat, 03 Juni 2011

Panci Tatung atau Panci Serbaguna

Boleh donk, selain kreasi dari flanel, aku juga berbagi tentang cake, kue n kue kering serta kelengkapannya..

Sebetulnya sih, ini pernah aku share di blogku yg lama yang udah gak pernah aku sentuh eh update.


Panci ini yang aku tau udah ada di rumah Ibuku di Kemayoran Jakarta sejak aku kecil. Dulu sering banget dipake almarhumah Nenek buat masak nasi. Berarti umur panci ini udah lebih dari 30 tahun.. Ajaib, awet banget ya?

Panci ini aku dapatin dr Ibuku akhir tahun 2006, waktu keluarga kecilku tinggal n nempati rumah di Situbondo n baru aku buka di tahun 2010 saat kita udah pindahan ke Pasuruan. Waktu mau ngebongkarnya juga karena waktu itu dusnya udah lepek basah n penyok sana sini. Begitu udah aku buka, sempet bingung juga dg cara pakainya, soalnya buku petunjuknya gak ada.


Panci ini lumayan berat n tebel bahannya. Isinya ada bagian tutup panci (1), alas panci (2), sarangan (3), dudukan panci (4), penjepit (5) dan sutil (6). Kl kata Ibuku sih, sebetulnya isinya lengkap, ada juga cetakan bolu kukus, spatula penjepit 1 lagi, tapi yg lainnya udah gak tau kemana.

Karena bingung gak tau cara pakenya apalagi buku petunjuknya gak ada, jadi aku share di milis NCC Indonesia, n ternyata banyak yg pernah pake panci ini loh. sekali lagi aku takjub...

Nah ini aku kutip ya hasil sharing temen-temenku di milis NCC tercinta ini..
  • Klo bwat manggang kue, posisi tutupnya (1) yg jd alas, tp hrs dikasih pasir dulu ato gak abu gosok.. Jd loyang ga lsg nempel.. Klo ngukus sih kek pake panci biasa tinggal kasih air dan rak2an (4) Dan ditutup.. Oiya, klo sedang dipakai hati2 pas dibuka yah, karena uapnya puanasss bangett!!
  • Panci Tatung bisa dipake buat masak apa saja ...mulai dari baking..rebusan sayur tanpa air dan tetap hijau ...masak semur, cepat empuk ...tutupnya buat menggoreng....masak nasi (jaman dulu lom ada magic com) cepat..
  • Panci ini bisa oven, kukus. Selain itu bisa juga untuk nanak nasi, bikin bubur, rebus sayur tanpa air.. sama deh kayak panci serba guna itu. Kalo buat ngoven ato kukus bolu kukus, ya sering tak buka tutupnya soalnya enggak ada kacanya .. tapi enggak ngaruh lho mbak ke adonannya , baik baik aja . dulu aja aku pernah buat 20 bolu biasa pakai tulban, dan hasilnya bagus mbak, tinggi, mungkin karena pancinya tebal jadinya panasnya bagus mbak..
  • Tutupnya (1) bisa utk bikin martabak manis, pancinya 2) buat kukus kue ok juga, bikin popcorn, bikin kue cuma ya pake perasaan ngrasain matengnya
  • Mo panggang atau kukus pake panci ini bisa.. Kalo panggang apinya sedeng ajah (untuk suhu sekitar 170-180), tandanya, lidah api tidak sampai melebar, hanya sampai menyentuh dasar panci.
    Untuk mengukus brownies, kira2 sama dengan api sedang cenderung kecil, krn uap yang dihasilkan cukup panas. Saya berpatokan, kalo airnya sudah mendidih dan bergolak, kue masuk, api saya kecilkan hingga airnya cuman mendidih saja, tp tidak bergolak kencang. 
    Saya tidak bisa menggunakan panci ini untuk bolu kukus mekar, krn mentok di tutup pancinya, jadi kuenya tidak bisa merekah krn menyentuh tutupnya, kecuali kita pake cetakan yang kecil2.
    Oh ya, jangan sekali-kali menambahkan air dingin pd waktu mengukus, krn membuat tutup panci menjadi tidak rata dan jelek.
    Kelemahan panci ini ukurannya sangat terbatas, untuk cupcake standar hanya bisa memanggang maksimal 7 buah. Untuk membuat cake kotak, hanya maksimal 20 cm. Kalo bulat, bisa lebih besar diameter, sekitar 22-26 masih bisa.
    elebihannya, panasnya rata, kue saya jarang gagal jika menggunakan panci ini.
  • Panci tatung...kalau buat manggang ayam enak...jadinya kaya di roast gitu...tp emang berat... kalau make tutupnya (1) yang dibawah/di api...badannya (2) dibuat tutup...
  • Cara pakenya :
    1. Kalo mau ngukus, pakenya saringan (3) yang bolong2nya banyak. Sama seperti kita pake dandang kasih air bawahnya.
    2. Kalo mau manggang, pake saringan/alasnya yang  seperti alas setrikaan itu (4)). Gak perlu dikasih apa2 nanti loyangnya ditaruh diatasnya.
    3. Jepitannya (5) itu buat ngangkat loyangnya kalo udah mateng. karena kalo pake lap , pasti tangan kita nyenggol pancinya yang mak nyoossss... :)
    Kekurangannya ini panci kita pake feeling buat tau udah mateng atau belum kuenya soalnya gak bisa ngintip...
  • Dulu sebelum punya oven tangkring aku selalu mengandalkan Tatung ini buat baking. 
    Cara pakenya yg rata (1) buat alasnya, yg spt panci (2) buat tutupnya (dibalik).
    Panci Tatung ini kalo buat baking kelebihannya adalah panasnya merata.. kekurangannya ya ukuran loyang yg bisa digunakan terbatas..

Inilah hasil eh kesimpulan yg bisa aku bagi, moga juga ngebantu temen2 lainnya ya.

Sekarang aku dan keluargaku udah menetap di Malang n panci ini juga masih aku pake buat ngoven n ngukus selain pake otang, oven gas, oven listrik n klakat besar...


Nah ini ada photo waktu aku pake panci tatung ini buat ngukus Brownies Keju n Coklat, tapi bener deh, loyang yg bisa maduk sangat terbatas. Yang aku alamin, tatung ini bisa aku pake utk 2 loyang ukuran 10 x 15 x 4 cm aja.



42 komentar:

  1. kalau mau beli harganya berapa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemaren saya beli pakek kredit di daeraj surabaya.sebulannya 50rb setaun kalo beli ces 500rb

      Hapus
    2. Kemaren saya beli pakek kredit di daeraj surabaya.sebulannya 50rb setaun kalo beli ces 500rb

      Hapus
    3. Surabaya mana mb martha belinya??q kepingin beli

      Hapus
    4. Mbak... mau ikutan beli donk...
      Ada di mn y kl di jakarta?

      Hapus
    5. Mbak... mau ikutan beli donk...
      Ada di mn y kl di jakarta?

      Hapus
  2. kalau untuk manggang roti brownies cara nya gimana ya?
    apa panci yg bawah hrus di kasih air apa tidak?
    trs jika untuk memangang roti kering seperti nastar ap bisa?
    gimana caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. blm ad jwbn y..huhuhu sy jg pngin nnya ini

      Hapus
    2. blm ad jwbn y..huhuhu sy jg pngin nnya ini

      Hapus
    3. Bantu jawab nih... Kalau brownies kukus, ya pake air dibawah.. Klo bukan, ya langsung loyang di bagian panci ke 1 ..yg td diatas dibilang kaya tatakan setrikaan, mbak...
      Buat nastar bisa.. Pake yg ke 1 itu td. Cuma memang gak bs langsung banyak. Karna loyang yg muat kecil..

      Hapus
  3. Istri saya ada punya satu dan dia mau beli satu lagi, Masih ada Jual nya ngak ya..??

    BalasHapus
  4. yang jual daerah bogor dmn ya?

    BalasHapus
  5. terima kasih infonya....kebetulan dapet warisan panci 'kuno' ini dan agak bingung pakainya ^_^

    BalasHapus
  6. Abis buat ngoven, tidak bisa dibuka lagi tutupnya,,, seperti terkunci tidak ada celah
    Gimana cara membukanya,ya?

    BalasHapus
  7. Abis buat ngoven, tidak bisa dibuka lagi tutupnya,,, seperti terkunci tidak ada celah
    Gimana cara membukanya,ya?

    BalasHapus
  8. Saya sales pansergun kak beda a skarang ad ttup kacanya ,

    BalasHapus
  9. mau beli yg kayak gini di daerah banten dan sekitarnya dimana ya?

    BalasHapus
  10. Terima kasih atas inspirasinya. memasak makanan yang sehat itu harus. Namun alat memasak yang sehat juga sangat penting dalam menghasilkan makanan yang sehat bagi tubuh dan keluarga kita.

    Oxone


    BalasHapus
  11. Ibu saya juga punya... Pernah kejadian waktu saya kecil pancinya nggak bisa di buka lagi waktu bikin bolu. ngelock gitu.. yg tadi nya mau makan bolu gak jadi. Setelah beberapa tahun kemudian baru bisa dibuka di getok dengan pahat oleh tukang bangunan dan terbuka dengan isi yg berhamburan dan bau karna setelah bertahun tahun dibiarkan begitu saja.. seperti nya panci itu ngelock sewaktu bikin bolu kukus, karna ditambahin air oleh ibu saya saya sehingga panci menciut dan mengunci tutup nya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat ini saya mengalami hal yg sama, pertama kali saya pake langsung buat ngoven dan ga bisa di buka lg, seperti terkunci, dan saya bingung knp dan gak tau solusinya

      Hapus
    2. Saat ini saya mengalami hal yg sama, pertama kali saya pake langsung buat ngoven dan ga bisa di buka lg, seperti terkunci, dan saya bingung knp dan gak tau solusinya

      Hapus
    3. Saat ini saya mengalami hal yg sama, pertama kali saya pake langsung buat ngoven dan ga bisa di buka lg, seperti terkunci, dan saya bingung knp dan gak tau solusinya

      Hapus
  12. Sy suka bgt panci ini, to belinya dimn y

    BalasHapus
  13. Aku juga mau beli dimana. . Ini dari baja kan?

    BalasHapus
  14. Tatakan pan yang agak kunjung gitu u di paket apa yah,

    BalasHapus
  15. saya dapat panci ini dr mertua,sy pengen bisa pakainya, terutama panggang kue dan ayam..kasih tutorialnya bu..
    trima kasih

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Bikin tutorial nya dong, sertakan gambar dan videonya... Dapat warisan dari mertua, bingung gmna cara pakainya

    BalasHapus
  18. Saya beli pnc tatung thn90 .blm prnh saya pki,18mrt'20 saya coba bt oven cake marmer.wkt oven kira30mnt.cake jadi bagus.rata.(dipanaskan dulu.taruh rak sprt setrika bag bawah.lalu taruh loyg kuwe..tutup

    BalasHapus
  19. Kalau buat bakar ikan atau ayam caranya gmn ya?

    BalasHapus
  20. Mba ini bisa karatan ga pancinya? Alumunium atau besi ya?

    BalasHapus
  21. Mba ini bisa karatan ga pancinya? Alumunium atau besi ya?

    BalasHapus
  22. Disemarang ada yg jual gak yaa..??

    BalasHapus
  23. Saya masih punya dulu beli sebelum menikah tapi perlengkapannya dah pada gak ada beli sekitar th 80 an, masih ada yg jual gak ta

    BalasHapus